Kamis, 27 September 2012

blog ini berisi tentang tugas kuliah,,,semoga bermanfaat.... smile dont cry,,,fighting..



Laporan Praktikum
“GLUKOSA DARAH”
Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Biokimia

images.jpg



NAMA   :   MAS AGUS AKHMAD YUFROHI

D3 keperawatan
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada Bandung
Jl.Terusan Jakarta, No. 75 Antapani Bandung

Laporan Praktikum

1.   Judul praktikum:  glukosa darah

2.     Tujuan:  

-         agar dapat mengetahui pemeriksaan glukosa darah dan untuk menegakan diagnosa penyakit diabetes mellitus
-         akan dapat menyimpulkan hasil pemeriksaan glukosa darah pada saat praktikum setelah membandingkannya dengan nilai normal



3.   Prinsip dasar:
Pada percobaan ini menggunakan metode elektrokimia dengan mengunakan alat glukometer. Kadar glukosa darah normal yang diperiksa melalui alat ini dalam keadaan puasa  berkisar antara 80-120 gr/100 ml, dalam keadaan setelah makan berkisar antara 120-140 gr/100 ml.
Pada keadaan setelah penyerapan makanan, kadar glukosa darah pada manusia berkisar antara 4,5 – 5,5 mmol/L. Setelah ingesti makanan yang mengandung karbohidrat, kadar tersebut naik hingga 6,5 – 7,2 mmol/L. Saat puasa kadar glukosa darah akan turun menjadi sekitar 3,3 – 3,9 mmol/L. Penurunan mendadak kadar glukosa darah akan menyebabkan konvulsi, seperti terlihat pada keadaan overdosis insulin, karena pengaturan otak secara langsung pada pasokan glukosa. Namun, kadar yang jauh lebih rendah dapat ditoleransi asalkan terdapat adaptasi yang progressif. 





4.   Landasan teori:
 Glukosa diperlukan sebagai sumber energi terutama bagi sistem saraf dan eritrosit. Glukosa juga dibutuhkan di dalam jaringan adipose sebagai sumber gliserida – glisero, dan mungkin juga berperan dalam mempertahankan kadar senyawa antara pada siklus asam sitrat di dalam banyak jaringan tubuh

Gulosa berasal sebagian diperoleh dari makanan, kemudian dibentuk dari berbagai senyawa glukogenik yang mengalami glukoneogenesis lalu juga dapat dibentuk dari glikogen hati melalui glikogenolosis.
Proses mempertahankan kadar glukosa yang stabil didalam darah merupakan salah satu mekanisme homeostatis yang diatur paling halus dan juga menjadi salah satu mekanisme di hepar, jaringan ekstrahepatik serta beberapa hormon.
Diantara hormon yang mengatur kadar glukosa darah adalah insulin dan glukagon. Insulin, suatu hormon anabolic, merangsang sintesis komponen makromolekuler sel dan mengakibatkan penyimpanan glukosa. Glukagon, suatu hormon katabolic, membatasi sintesis makromolekul dan menyebabkan pengeluaran glukosa yang disimpan. Peningkatan konsentrasi glukosa dalam sirkulasi mengakibatkan peningkatan sekresi insulin dan pengurangan sekresi glukagon, demikian sebaliknya.


5.   Alat dan bahan:
a.    Lanset                       d. alcohol 70%
b.   Needle lanset             e. kapas
c.    Bengkok                    f. gluco strip


6.   Prosedur/cara kerja:
1.     Siapkan gluko meter dan gluko dtrip
2.     Nyalakan glukometer dengan menekan tombol power, lalu cocokan kode yang tertera pada glukometer dengan kode gluko strip(jika berbeda maka lakukan kalibrasi pada glukometer)
3.     Masukan gluko strip ke bagian lubang tes pada glukometer. Dorong strip sampai berhenti dengan bagian symbol menghadap kea rah atas, dan glukometer  akan berbunyi “beep”.
4.     Desinfeksi ujung jari yang akan diambil darahnya dengan menggunakan kapas alcohol, lalu tusuk ujung jari tersebut dan biarkan darah keluar
5.     Tempelkan jari yang berdarah ke bagian yang ditunjuk pada gluko strip dengan cara di miringkan, sehingga darah akan terserap otomatis oleh strip.
6.     Tekan tombol next,dan tunggu sampai keluar angka yang menunjukkan kadar glukosa pada darah yang diperiksa.


7.   Hasil tes:
No
Nama
Waktu
Gula darah
Makan
Pemeriksaan
1
Mas agus
11:30
03:00
84
2
Anjar
11:30
02:40
96
3
Ardi
11:30
02:30
104
4
Cita
12:30
02:15
94
5
Yudi
12:30
02:30
85
6
Ade
01:00
02:20
83
7
Erik
01:00
02:25
92
8
Argia
01:15
02:30
96
9
Asty
01:00
02:42
64
10
Stevanus
12:30
02:40
91
11
Eni
12:00
02:43
79
12
Dewi
Puasa
03:05
78
13
Alam
11:30
03:10
101



8.   Pembahasan:
Glukosa adalah gula yang terpenting bagi metabolisme tubuh, dikenal juga sebagai gula fisiologis. Dalam ilmu kedokteran, gula darah adalah istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa di dalam darah. Sedangkan dalam tumbuhan Glukosa 6-fosfat yang dihasilkan selama fotosintesis adalah precursor dari tiga jenis karbohidrat tumbuhan, yaitu sukrosa, pati dan selulosa. Konsentrasi gula darah, atau tingkat glukosa serum, diatur dengan ketat di dalam tubuh. Glukosa yang dialirkan melalui darah adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh.
Tingkat gula darah diatur melalui umpan balik negatif untuk mempertahankan keseimbangan di dalam tubuh. Level glukosa di dalam darah dimonitor oleh pankreas. Bila konsentrasi glukosa menurun, karena dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh, pankreas melepaskan glukagon, hormon yang menargetkan sel-sel di lever (hati). Kemudian sel-sel ini mengubah glikogen menjadi glukosa (proses ini disebut glikogenolisis). Glukosa dilepaskan ke dalam aliran darah, hingga meningkatkan level gula darah.
Apabila level gula darah meningkat, entah karena perubahan glikogen, atau karena pencernaan makanan, hormon yang lain dilepaskan dari butir-butir sel yang terdapat di dalam pankreas. Hormon ini, yang disebut insulin, menyebabkan hati mengubah lebih banyak glukosa menjadi glikogen. Proses ini disebut glikogenosis), yang mengurangi level gula darah.


9.   Kesimpulan:
Dari praktikum pemeriksaan glukosa darah dapat saya simpulkan bahwa hasil pemeriksaan tidak ada di bawah 80 gr/ dl dan diatas 120 gr/dl. Keadaan ini normal karena masih diantara 80 – 120 gr / dl dan tidak terdapat penyakit yang kelebihan glukosa darah seperti diabetes mellitus.
1. Kadar normal glukosa dalam darah adalah 80 – 120 gr/dl
2. Kelebihan kadar glukosa disebut Hiperglikemi
3. Kekurangan kadar glukosa disebut Hipoglikemi
4. Kadar glukosa yang terlalu berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya penyakit Diebetes Mellitus. 
dan setelah makanan dicerna dan diserap, kadar glukosa darah meningkat mencapai puncak lalu mulai turun. Penyerapan glukosa dari makanan oleh sel, terutama sel – sel hati, otot dan jaringan, menurunkan kadar glukosa darah. Dua jam setelah makan, kadar glukosa darah kembali ke kadar puasa normal sekitar 80-100 mg/dL.
10.Daftar pustaka
Lehninger, A. 1988. Dasar-dasar Biokimia. Terjemahan Maggy Thenawidjaya. Jakarta:Erlangga
[Anonim]. 2010. Gula Darah. http://id.wikipedia.org/wiki/Gula_darah (18 Desember 2010)
Girindra, A. 1986. Biokimia I. Jakarta: Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar